Jumat, 08 Februari 2008

Kuliah Gratis, Mau?

Kuliah Gratis, Mau?

Ditengah semakin mahalnya biaya pendidikan di Perguruan Tinggi (PT) ditambah dengan kecilnya jaminan mendapatkan pekerjaan yang memadai setelah lulus dari PT itu sendiri, tentunya ini merupakan masalah besar bagi sebagian besar pelajar indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di PT pada umumnya. Namun selain dari PT yang menawarkan biaya tinggi tersebut ada beberapa PT yang membebaskan dari segala biaya perkuliahan (gratis) alias full beasiswa, sebut saja PT tersebut dengan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). PTK biasanya dikelola oleh dinas, instanti, departemen, atau perusahaan baik pemerintah maupun swasta tertentu yang menjamin biaya pendidikan dari mahasiswanya. Selain itu PTK tersebut juga memberikan jaminan kerja di instansi induknya untuk bekerja dan inilah yang disebut dengan Ikatan Dinas.

Beberapa PTK ini tentu saja lumayan memberikan harapan bagi pelajar di Indonesia yang kurang mampu agar bisa menuntut ilmu di perguruan tinggi secara gratis dan mendapatkan jaminan pekerjaan yang lumayan layak setelah lulus dari PT tersebut.

Dari sekian banyak PTK ini ada yang benar-benar membebaskan seluruhnya biaya perkuliahan bahkan ada juga yang memberikan uang saku bagi mahasiswanya. Sebagai contoh Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang membebaskan biaya kuliah dan memberikan uang saku bagi mahasiswanya. Ada juga Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang hanya bebas biaya kuliah namun tidak memberikan uang saku. Namun di samping yang bebas kuliah tersebut masih ada juga yang tetap harus membayar biaya perkuliahan meskipun tidak sebesar yang harus dibayar di perguruan tinggi pada umumnya.

Jadi setidaknya ada 3 (tiga) keuntungan dari Perguruan Tinggi Kedinasan ini yaitu bebas dari biaya perkuliahan (full beasiswa atau kuliah gratis), mendapat uang saku, dan jaminan mempeloh pekerjaan setelah lulus dari Perguruan Tinggi tersebut. Jadi sudah saatnyalah anda yang dibayar perguruan tinggi bukan anda yang membayar ke perguruan tinggi.

Untuk lebih lengkapnya informasi setiap PTK yang ada di blog ini silahkan untuk menghubungi kontak dari masing-masing PTK.

Selamat kuliah gratis.

AMG

AMG (Akademi Meteorologi dan Geofisika)

Balai Pendidikan dan Pelatihan Meteorologi dan Geofisika merupakan unit pelaksana teknis pendidikan dan latihan di sub sector Meteorologi dan Geofisika, berada di bawah Badan Pendidikan dan Latihan Perhubungan. Sebagai perintis dan inti terbentuknya Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika adalah suatu unit pendidikan dengan nama Akademi Meteorologo dan Geofisika (AMG), yang didirikan di Bandung dengan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan nomor : 11 / 6 / 8 pada tanggal 7 September 1955, bernaung di bawah Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG) yang kampusnya berada di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pada tahun 1960, AMG dipindahkan ke kantor pusat Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG) di jalan Arief Rahman Hakim No. 3 Jakarta pusat.

Pada tanggal 8 Maret 1978 yang berdasar pada Surat Keputusan Menteri Perhubungan nomor : KM 55 / OT/ PHB-1978, AMG berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan Pelatihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) dengan status berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan. Sementara itu LMG berubah nama menjadi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG). Sejak tahun 2000, BPLMG berubah kembali menjadi AMG di bawah Badan Diklat Perhubungan. Dan pada akhir tahun 2001 sampai sekarang, kampus AMG pindah dan berlokasi di jalan Perhubungan 1 Kompleks Meteorologi dan Geofisika Departemen Perhubungan Pondok Betung – Bintaro.

Pada awal tahun 2003, BMG menjadi Lembaga Pemerintahan Non Departemen (LPND), sehingga saat ini AMG tidak lagi berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan melainkan berada langsung di bawah Badan Diklat BMG. Pada tanggal 24 Maret 2005, AMG diresmikan menjadi cyber campus.

Instansi / Departemen yang menaungi

Badan Meteorologi dan Geofisika

Jurusan , Spesialisasi dan Program Pendidikan

Program Diploma III

  • Meteorologi
  • Geofisika

Jurusan dibuka berdasarkan kebutuhan pegawai di BMG

Fasilitas

Fasilitas Perorangan

  • Bebas biaya SPP dan SKS
  • Bebas biaya praktikum
  • Uang saku
  • Buku tulis setiap semester
  • Berikatan dinas

Fasilitas Bersama

  • Perpustakaan
  • Laboratorium Fisika
  • Laboratorium Bahasa
  • Laboratorium Komputer
  • Mushola
  • Ruang kelas full AC
  • Internet
  • Simulator taman alat Meteorologi

Penerimaan Mahasiswa Baru
Syarat masuk :

  • Memiliki ijasah SMU jurusan IPA, STM jurusan listrik/elektronika
  • Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 157 untuk wanita
  • Nilai Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris pada STK minimal 6.0
  • Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan
  • Usia maksimal 23 tahun saat pendaftaran
  • Berkelakuan baik dan bebas Narkoba
  • Berbadan sehat
  • Membayar uang pendaftaran
  • Lulus seleksi administrasi, akademik, kesehatan, psikotes & wawancara.

Syarat administrasi :

  • Foto kopi ijasah yang telah dilegalisir
  • Foto kopi STK yang telah dilegalisir
  • Foto kopi akte kelahiran
  • Pas foto terbaru ukuran 4 X 6 hitam putih/berwarna sebanyak 4 lembar
  • Surat pernyataan belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan
  • Surat keterangan berbadan sehat dan tinggi badan dari dokter
  • Surat keterangan bebas Narkoba
  • Surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian setempat
  • Bukti pembayaran pendaftaran

Prosedur Pendaftaran :

  • syarat nomor 1 s.d 8 diserahkan pada waktu mendaftar pada petugas pendaftaran dan dimasukkan kedalam stofmap folio
  • calon taruna harus datang sendiri pada waktu mendaftarkan diri dan tidak boleh diwakilkan.

Catatan

Syarat pendaftaran yang tercantum di atas sewaktu-waktu dapat berubah.

Rute Angkutan Umum

1. Dari Bandara Soekarno Hatta, Dari bandara naik patas jurusan Blok M, Dari terminal Blok M naik metro mini 71 ( turun di pasar Bintaro), Dari pasar Bintaro naik angkot 05 ( turun di kompleks Meteorologi ), Masuk kompleks sekitar 100 meter.

2. Dari Terminal Senen, Dari terminal Senen naik patas P44 jurusan Ciledug ( turun di Cipulir ), Dari Cipulir naik angkot 05 ( turun di kompleks Meteorologi )

Informasi Contact

Alamat Lengkap: Jalan Perhubungan 1 Kompleks Meteorologi, Pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan 15221
Telepon : 021 – 73691622 Fax : 021 – 73691621
Website: www.amg.ac.id

POLTEK-GT

POLTEK-GT (POLITEKNIK GAJAH TUNGGAL)

Ilmu Pengetahuan dan teknologi harus ditingkatkan dalam menjawab tantangan dimasa depan. Kemajuan di bidang industri harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang terampil dan terdidik.

Dalam usaha pemenuhan kebutuhan tenaga tersebut, Gajah Tunggal Grup perlu mendirikan lembaga pendidikan di bidang industri, yang nantinya akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan sendiri, dalam hal ini kebutuhan perusahaan-perusahaan di lingkungan Gajah Tunggal Grup. Dari pemikiran tersebut, akhirnya pada tanggal 7 April 1981 diresmikan suatu lembaga pendidikan dengan nama PATIGAT (Pendidikan Ahli Teknik Industri Gajah Tunggal) oleh Bapak Menteri Perindustrian Ir. AR. Soehoed dan Bapak Menteri Tenaga Kerja Transmigrasi dan Koperasi Prof. Drs. Harun Zein di Gresik, Jawa Timur dan pada tanggal 14 September 1981 PATIGAT resmi dibuka dan dimulai kegiatan akademiknya.

Dalam perkembangannya, PATIGAT yang mempunyai gedung berskala workshop, pada tanggal 26 Juli 1986 diresmikanlah perluasan area dan sarana oleh Menteri Tenaga Kerja Sudomo dan pada bulan Mei 1993 PATIGAT kembali melengkapi sarana dan prasarana dengan menambah sebuah gedung yang fungsinya sebagai laboratorium, ruang kuliah, ruang seminar, show room, ruang pertemuan dan ruang kepala PATIGAT.

Tahun Akademik pertama (1981) PATIGAT membuka satu jurusan yaitu jurusan Teknik Industri yang meliputi bidang mesin dan listrik. Beberapa tahun kemudian PATIGAT membuka jurusan Kimia. Pada tahun 1989 sampai tahun 1991 PATIGAT membuka hanya satu jurusan yaitu jurusan Teknik Industri.

Karena kebutuhan tenaga terampil di perusahaan-perusahaan di lingkungan Gajah Tunggal Grup meningkat serta perlunya spesifikasi kerja sesuai di bidangnya, maka mulai tahun 1992 PATIGAT membuka tiga jurusan yaitu Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia. Mulai saat itu, pada tanggal 6 Oktober 1992 ditandatangani kerjasama dengan ITB Bandung dalam membuka jalan untuk akreditasi dari Depdikbud menjadi Politeknik Gajah Tunggal. Selanjutnya pada tanggal 6 Januari 1994 ditandatangani kerjasama antara Pusbangdik Politeknik dengan PATIGAT, kerjasama ini mengacu pada pendirian Politeknik Gajah Tunggal.

Adapun jurusan yang ada sekarang adalah :

  • Jurusan Teknik Elektro
  • Jurusan Teknik Informatika
  • Jurusan Teknik Mesin
  • Jurusan Teknik Kimia

Melalui SK Mendikbud No.085/0/1995 Politeknik Gajah Tunggal memperoleh status terdaftar. Kemudian pada bulan April 1996 Politeknik Gajah Tunggal diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro.

Saat ini seiring dengan berbagai kendala yang dihadapi oleh bangsa tercinta ini, Politeknik Gajah Tunggal masih tetap mempertahankan citranya sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan yang senantiasa mencetak tenaga-tenaga handal di bidang industri.

Instansi

PT. Gajah Tunggal Tbk

Jurusan dan Program Pendidikan

  • DIII Teknik Mesin,
  • DIII Teknik Elektro,
  • DIII Teknik Informatika,
  • DIII Teknik Kimia.

Jurusan dibuka berdasarkan kebutuhan tenaga ahli di Perusahaan.

Fasilitas

Fasilitas Perorangan

  • Bebas beaya SPP dan SKS
  • Bebas beaya Praktikum
  • Uang saku setiap bulan
  • Kupon makan siang setiap bulan
  • Buku tulis setiap semester
  • Seragam setiap tahun
  • Libur 12 hari pertahun (diatur oleh institusi)

Fasilitas Bersama

  • Kampus (dua gedung @2 lantai)
  • Perpustakaan
  • Laboratorium Kimia
  • Lab. Listrik
  • Lab. Pneumatik
  • Lab. Komputer
  • Bengkel Teknik Mesin
  • Lab. Internet /LAN
  • Ruang Musik
  • Lapangan Sepak Bola, Bola Basket, Bola Volly (milik Gajah Tunggal)

Penerimaan Mahasiswa Baru

Persyaratan Umum

  • Pria, Sehat Jasmani dan Rohani.
  • Tanggal 1 September tahun pendaftaran, berumur maksimum 21 tahun.
  • Lulus SMU Jurusan IPA atau SMK dengan program studi yang sesuai dengan jurusan di Politeknik Gajah Tunggal.
  • Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan.
  • Bersedia mengikuti seleksi administrasi, tes tertulis, kesamaptaan, wawancara, psikotes dan kesehatan.
  • Setelah lulus, dilanjutkan dengan pembelajaran dengan bekerja dalam status Ikatan Dinas di lingkungan Perusahaan Gajah Tunggal Group selama 5 ( lima) tahun.

Persyaratan Khusus

  • Surat lamaran dengan alamat yang jelas dan mencantumkan kode jurusan yang diminati pada pojok kiri atas amplop.
  • Foto copy STTB dan Surat Tanda Kelulusan (STK) yang telah dilegalisir (bagi yang belum menerima STK, dapat disusulkan pada saat mengikuti tes tertulis), atau Foto copy STTB dan NEM yang telah dilegalisir.
  • Foto copy rapor lengkap untuk SMA yang telah dilegalisir dengan nilai mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris rata-rata minimal 6,5. atau Fotocopy Transkrip untuk SMK yang telah dilegalisir dengan nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan Uji Kompetensi Produktip rata-rata minimal 6, 5.
  • Foto copy KTP/Kartu Pelajar dan Foto copy Kartu Keluarga ( KK ).
  • Pas Photo terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
  • Daftar Riwayat Hidup.
  • Foto copy Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian yang telah dilegalisir.
  • Surat Keterangan Penghasilan :
  • Slip Gaji terbaru dari Departemen/Bagian Personalia bagi orang tua/wali yang bekerja.
  • Penghasilan terbaru dari Kelurahan / Kepala Desa bagi orang tua / wali yang berwiraswasta / pensiunan / petani.

Prosedur Pendaftaran

  • Surat lamaran ditulis tangan , dengan alamat jelas dan mencantumkan kode jurusan yang diminati pada pojok kiri atas amplop
  • Fotocopy Raport dari empat cawu/semester terakhir yang telah dilegalisir
  • Nilai rata-rata Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris masing-masing minimum 7,00 untuk semua jurusan
  • Fotocopy KTP atau Kartu Pelajar dan Fotocopy Kartu Keluarga
  • Pas photo terbaru ukuran 3 X 4 sebanyak 4 lembar
  • Daftar Riwayat Hidup,
  • SKKB dari Kepolisian
  • Slip gaji atau Surat Keterangan Penghasilan terbaru dari kelurahan atau Departemen Personalia
  • Fotocopy NEM dan Ijasah yang telah dilegalisir
  • Surat lamaran harus sudah diterima panitia selambat-lambatnya akhir Juni atau Juli setiap tahunnya
  • Hanya memenuhi syarat administrasi yang akan dipanggil untuk mengikuti tes selanjutnya
  • Pelamar atau calon mahasiswa yang memberikan keterangan tidak benar/palsu akan digugurkan
  • Peserta yang lolos seleksi administrasi akan dipanggil untuk mengikuti ujian Tertulis dan tes selanjutnya melalui surat panggilan
  • Materi Ujian Tertulis; Matematika, Fisika, Bahasa Inggris.

Waktu

Pembukaan Pendaftaran : Juli -

Waktu Seleksi : Agustus -

Rute angkutan umum dari kota besar

  1. Dari Jakarta Terminal Senen naik jurusan Cimone/ Tangerang (turun di Cikokol) ð Naik R.14 (Turun di Cimone) ð Naik R.01 (Turun di Jatake) ð Naik ojek turun di Politeknik Gajah Tunggal
  2. Dari Bitung Naik R.01 (Turun di Jatake) ð Naik ojek turun di Politeknik Gajah Tunggal
  3. Dari Tangerang Naik R.01 (Turun di Jatake) ð Naik ojek turun di Politeknik Gajah Tunggal

Informasi Contact

Alamat lengkap: Jl. Gatot Subroto KM 7, Komplek Industri Gajah Tunggal, Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten, Tangerang 15001
Telp.(021) 5900465/8, Fax. (021) 5900481
Homepage: http://www.poltek-gt.ac.id Email: pmb2005@poltek-gt.ac.id

STAN

STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara merupakan penyelenggara pendidikan program Diploma Bidang Keuangan dalam lingkungan Departemen Keuangan bertujuan untuk mendidik mahasiswa supaya mempunyai pengetahuan dan keahlian di bidang akuntansi dan keuangan sektor publik dan mempersiapkan mahasiswa agar kelak menjadi Pegawai negeri yang berdisiplin kuat, berakhlak tinggi dan penuh dedikasi. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ditetapkan dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 12/PMK/1997 tanggal 18 Februari 1987. Sedangkan Program Diploma Keuangan dalam lingkungan Departemen Keuangan telah dilimpahkan tanggung jawab pengelolaannya kepada Direktur Sekolah Tinggi Akuntansi Negara sesuai dengan Surat Tugas Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan Nomor : ST-098/BP/1997 Tanggal 31 Oktober 1997 dan Surat Edaran Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan Nomor : SE-048/BP/1998 tanggal 29 Oktober 1998.

Tujuan Program Pendidikan

1. Tujuan umum program pendidikan adalah mendidik mahasiswa supaya mempunyai pengetahuan, keahlian dan ketrampilan dalam bidang spesialisasinya masing-masing juga mempersiapkan mahasiswa agar menjadi pegawai negeri yang beridisiplin tinggi, berakhlak tinggi dan penuh dedikasi.

2. Program Diploma Spesialisasi Kebendaharaan Negara/Anggaran bertujuan untuk melaksanakan tugas pengelolaan keuangan Negara di bidang kebendaharaan/ anggaran.

3. Program Diploma Spesialisasi Perpajakan mendidik mahasiswa sebagai calon pegawai di lingkungan Departemen Keuangan memiliki kemampuan melaksanakan tugas pengelolaan keuangan Negara di bidang perpajakan.

4. Program Diploma Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai/Bea dan Cukai mendidik mahasiswa sebagai calon pegawai di lingkungan Departemen Keuangan memiliki kemampuan melaksanakan tugas pengelolaan Negara di bidang Kepabeanan dan cukai.

5. Program Diploma Spesialisasi Kepiutanglelangan/Pengurusan Piutang dan Lelang Negara (PPLN) mendidik mahasiswa sebagai calon pegawai di lingkungan Departemen Keuangan memiliki kemampuan melaksanakan tugas pengelolaan keuangan Negara di bidang kepiutanglelangan.

6. Program Diploma Akuntansi Pemerintahan mendidik mahasiswa sebagai calon pegawai di lingkungan Departemen Keuangan memiliki kemampuan melaksanakan tugas pengelolaan keuangan Negara di bidang akuntansi dan audit sektor publik.

Beban Studi

Beban studi pendidikan Program Diploma Bidang keuangan adalah :

  1. Diploma I minimal 40 SKS dan maksimal 50 SKS.
  2. Diploma III minimal 110 SKS dan maksimal 120 SKS.
  3. Diploma IV minimal 144 SKS dan maksimal 180 SKS.
  4. Pendidikan Asisten/Pembantu Akuntan minimal 40 SKS dan maksimal 50 SKS.

Waktu Studi

Waktu studi pendidikan Diploma Bidang Keuangan sebagai berikut :

  1. Diploma I adalah 2 (dua) semester yang harus diselesaikan dalam waktu 1 (satu) tahun.
  2. Diploma III adalah 6 (enam) semester yang harus diselesaikan dalam waktu 3 tahun.
  3. Diploma IV adalah 8 (delapan) sampai 10 (sepuluh) semester yang harus diselesaikan dalam waktu 4 ( empat ) sampai 5 ( lima) tahun.
  4. Pendidikan Asisten/Pembantu Akuntan adalah 2 (dua) semester yang harus diselesaikan dalam waktu 1 (satu) tahun.
  5. Pendidikan Diploma III Keuangan Kurikulum Khusus adalah 2 (dua ) semester sampai 3 (tiga) semester yang harus diselesaikan dalam waktu 1 (satu) sampai 1,5 (satu setengah) tahun.

Penentuan Kelulusan

Mahasiswa yang dinyatakan lulus apabila :

  1. Telah menyelesaikan seluruh SKS yang dipersyaratkan.
  2. Tidak memperoleh nilai D pada MKU dan MKK lebih dari 2 (dua ) nilai D pada nilai MKDK atau nilai E pada semua mata kuliah.
  3. Memperoleh IP kumulatif tahun akademik yang bersangkutan minimal 2,60.
  4. Bagi mahasiswa Diploma I; lulus karya tulis (Laporan Praktik Kerja Lapangan) dengan IP minimal 2,60 dan atau Praktik Kerja Lapangan dengan IP minimal 2,75.
  5. Bagi mahasiswa Diploma IV; lulus ujian komprehensif.

Yudisium diberikan kepada mahasiswa yang telah lulus Praktik Kerja Lapangan/Karya Tulis dan Ujian Komprehensif (kecuali mahasiswa Program Diploma I Keuangan).

Penggolongan yudisium:

  • Lulus dengan predikat terpuji diberikan kepada mahasiswa dengan IP 3,51 sampai 4,00
  • Lulus dengan predikat sangat memuaskan diberikan kepada mahasiswa dengan IP 3,01 sampai 3,50.
  • Lulus dengan predikat memuaskan diberikan kepada mahasiswa dengan IP 2,76 sampai dengan 3,00
  • Lulus dengan predikat cukup diberikan kepada mahasiswa dengan IP 2,60 sampai 2,75.

Gelar Bagi Lulusan Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan

Lulusan Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan dapat diusulkan untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil pada Departemen Keuangan atau instansi Pemerintah lainnya ke dalam pangkat/golongan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Lulusan Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan berhak menggunakan sebutan profesional sebagai berikut :

  1. Ahli Pratama bagi lulusan Program Diploma I.
  2. Ahli Madya bagi lulusan Program Diploma III
  3. Sarjana Sains Terapan bagi lulusan Program Diploma IV.

Peraturan Disiplin Perkuliahan Mahasiswa

1. Mahasiswa diwajibkan mengikuti setiap mata kuliah yang telah ditetapkan dalam kurikulum sekurang-kurangnya 80% dari jumlah jam efektif menurut jadwal yang berlaku yang dibuktikan dengan menandatangani daftar hadir mahasiswa.

2. Setiap mahasiswa pria diwajibkan mengenakan kemeja lengan pendek/panjang motif polos, biru muda, abu-abu muda atau krem, celana panjang warna gelap dan ikat pinggang.

3. Setiap mahasiswa wanita diwajibkan mengenakan busana/blus lengan pendek/panjang motif polos, biru muda, abu-abu muda atau krem dan rok warna gelap.

4. Setiap mahasiswa dilarang memakai pakaian yang ketat, dari bahan jeans dan sebagainya, berwarna mencolok/motif batik, kotak-kotak atau bergaris.

Bagi mahasiswa yang tidak mengikuti ketentuan/melakukan pelanggaran disiplin dijatuhi hukuman disiplin oleh pejabat yang berwenang menghukum (lebih lengkap baca Surat Edaran Direktur STAN Nomor : SE-115/BP.7/2000 tanggal 1 September 2000 ).

Instansi

Departemen Keuangan RI

Jurusan, Spesialisasi dan Program Pendidikan

Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan terdiri dari :

a. Program Diploma I Keuangan (D-I) Spesialisasi :

  • Kebendaraan Negara/Anggaran :
  • Pajak
  • Kepabeanan dan Cukai
  • Pegadaian

b. Program Diploma III Keuangan (D III) spesialisasi :

  • Kebendaraan Negara/Anggaran.
  • Pajak
  • Kepabeanan dan Cukai
  • Penilai/Pajak Bumi dan Bangunan
  • Akuntansi Pemerintahan (sebelumnya Akuntansi)
  • Pengurusan Piutang dan Lelang Negara

c. Program Diploma IV Keuangan (D-IV) Spesialisasi Akuntansi.

d. Selain dari program di atas diadakan pula :

  • Program Pendidikan Asisten/Pembantu Akuntan

Fasilitas

    • Selama pendidikan mahasiswa tidak dipungut biaya sama sekali,
    • Lulusan DI dan DIII dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan RI,
    • Ruang Kuliah, Perpustakaan, Laboratorium, Masjid, Auditorium, Koperasi Mahasiswa, Lapangan Olah Raga, Pojok Bursa Efek Jakarta
    • Uang Saku
    • Poliklinik

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Syarat-Syarat Pendaftaran

    • Berijazah SMU, Madrasah Aliyah dan SMK semua Jurusan maksimal lulusan dua tahun sebelum waktu pendaftaran
    • Nilai Rata-rata Nilai Ebtanas Murni (NEM)) tidak kurang dari 7,50 (enam koma lima nol)dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan. Umur pada tanggal 1 September tahun pendaftaran tidak lebih dari 21 tahun dihitung berdasarkan tanggal lahir yang tercantum di dalam STTB/Ijazah.
    • Tidak cacat badan dan tidak mengalami ketergantungan terhadap narkoba.
    • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
    • Khusus untuk Program Diploma Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai, ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
      • Yang diterima hanya calon peserta pria.
      • Tinggi badan minimal 165 cm.
      • Tidak buta warna.
      • Bagi mereka yang dinyatakan lulus ujian tertulis, harus mengikuti dan lulus tes kesehatan dan aerobik yang pelaksanaannya akan ditentukan dalam Pengumuman Hasil Ujian Saringan Masuk Program Diploma I dan III Keuangan tahun pendaftaran
    • Menyetor biaya ujian saringan masuk. Penyetoran dapat melalui semua cabang Bank BNI 46 ke rekening “Bendaharawan Penerima BPPK” Nomor Rekening: 063.008109599.001 Bank BNI 46 Cabang Senayan, atau melalui semua cabang Bank Mandiri ke rekening “Bendaharawan Penerima BPPK” Nomor Rekening: 126-0002093796 Bank Mandiri Cabang Iskandarsyah. Bukti setor harus disahkan/divalidasi petugas bank (tidak melalui ATM, Phone Banking, Internet Banking, dll).

dengan ketentuan sebagai berikut:

      • Uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun.
      • Biaya yang ditimbulkan akibat penyetoran uang pendaftaran ditanggung peserta.
      • Panitia tidak menerima bukti setor kolektif.

Prosedur Pendaftaran

Lokasi Pendaftaran

LOKASI

A L A M A T

JAKARTA

Kampus STAN/Prodip Keuangan,

Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang

MEDAN

Balai Diklat Keuangan I, Gedung Keuangan Negara

Jl. P. Dipenogoro No. 30 A Medan

PALEMBANG

Balai Diklat Keuangan II, Jl. Kolonel Atmo No. 56 Palembang

YOGYAKARTA

Balai Diklat Keuangan III, Jl. Raya Solo KM 11 Purwomartani Kalasan

MALANG

Balai Diklat Keuangan IV, Jl. A. Yani Utara No. 200 Malang

BALIKPAPAN

Balai Diklat Keuangan V, Gedung Keuangan Negara Jl. A. Yani No.68 Balikpapan

MAKASSAR

Balai Diklat Keuangan VI, Jl. A. Yani No. 1 Makassar

CIMAHI

Balai Diklat Keuangan VII, Jl. Gado Bangkong No.3 Cimahi Bandung

MANADO

Balai Diklat Keuangan VIII, Jl. Bhatesda No. 24 Menado

JAYAPURA

Kanwil XVIII Ditjen Pajak Maluku dan Papua, Jl. A Yani No. 8 Jayapura

SORONG

Kantor Pelayanan Pajak Sorong Jl. Jend Sudirman No.26 Sorong

MATARAM

Kantor Pelayanan Pajak Mataram, Jl. Raya Langko No. 74 Mataram

KUPANG

Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Kupang Jl. Praja No. 2 Kupang

BANDA ACEH

Kantor Pelayanan Pajak Banda Aceh Jl. T. Muhammad Daud Beureuh No. 20 Banda Aceh

  • Pendaftaran tidak dapat diwakilkan.
  • Pendaftaran dilaksanakan pada hari dan jam kerja pada pertengahan bulan Juni tahun pendaftaran
  • Pada waktu mendaftar, peserta ujian harus menyerahkan :
    • Asli bukti penyetoran uang ujian saringan masuk dari bank yang dimaksud pada Syarat-Syarat Pendaftaran Mengikuti Ujian Saringan Masuk nomor ke-7.
    • Fotokopi Ijazah/STTB yang telah disahkan Kepala Sekolah.
    • Fotokopi NEM/DANUN/STK yang telah disahkan Kepala Sekolah.
    • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 X 4 sebanyak 3 (tiga) lembar.
  • Pilihan Program dan Jurusan:
    • Calon peserta ujian harus menentukan Program Diploma I dan III dengan urutan prioritas.Fotokopi Ijazah/STTB yang telah disahkan Kepala Sekolah.
    • Untuk masing-masing Program, calon peserta ujian dapat memilih maksimal 3 (tiga) jurusan sesuai dengan prioritasnya (pilihan ke-1, ke-2, dan ke-3).
    • Penentuan jurusan bagi calon peserta yang lulus didasarkan pada pilihan peserta seperti diatas. Dalam hal program dan spesialisasi yang dipilih sudah penuh, Panitia Penerimaan Mahasiswa akan mengalokasikan peserta yang lulus selebihnya ke program dan spesialisasi yang masih memerlukan.
  • Materi ujian yang akan diujikan adalah tes tulis yang meliputi:
    • Tes Kemampuan Umum
    • Tes Bahasa Indonesia
    • Tes Bahasa Inggris.

Ujian dilaksanakan pada awal bulan juli tahun pendaftaran. Waktu dan tempat ujian akan diumumkan pada saat mendaftar di tempat pendaftaran.

Informasi Kontak:

Jl. Bintaro Utama, Bintaro Raya Sektor V, Jurangmangu, Pondok Aren, Tangerang, Banten, 15222, Telp : (021) 7361653, 7361660
Website: http://www.bppk.depkeu.go.id

STIP

STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran)

Negara Republik Indonesia merupakan salah satu negara marititm terbesar dengan jumlah pulau-pulau sebanyak 17.508 yang terbesar memanjang sekitar garis katulistiwa, memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan dan pembangunan dibidang maritim sangatlah penting dan perlu. Kampus AIP/PLAP/STIP adalah salah satu media terbaik untuk pelaksanaan hal diatas.

Dididrikan 1957 dan diresmikan oleh Ir.Soekarno dengan nama AIP (Akademi Ilmu Pelayaran) di Jl.Gunung Sahari, ancol. Berjenjang pendidikan selama 3 tahun dan berubah menjadi PLAP (pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran) tahun 1979. Lalu setelah pindah dan dipengaruhi menjad lebih modern dan dilengkapi dengan Ship Analytic-Agum Gumlear Saefarer Training Center di Marunda, Tanjung Priok, AIP/PLAP berubah menjadi STIP (Sekolah Tinggi Ilmu pelayaran) tahun 2000 hingga sekarang.

Program Pendidikan

Melaksanakan 4 target yaitu menjadi Taruna/I :

    • Profesional dalam keahlian sebagai pelaut.
    • Mampu dan menguasai Bahasa Inggris.
    • Menjadi contoh dalam berrilaku.
    • Mengetahui perkembangan technologi mutahir.

Sistem pendidikan

Diploma IV

  • Semester 1-4 (24 bulan / 2 tahun)
    • Berada dalam Dormitory (asrama)
    • Praktek dan Teori
    • Ujian Negara dan DPKP
    • Pembinaan Sifat dan Tingkah Laku
    • Extra Kurikulaer :
      • Kursus Bahasa Inggri Intensive dan Native Speaker
      • Pengadaan Presentasi dan pengujian dari Instruktur
      • Olah Raga dan Latihan Militer
      • Kunjungan
  • Semester 5-6 (12 bulan / 1 Tahun)
    • 1 tahun Praktek Kerja Nyata di luar
    • Pelaksanaan keahlian di laut dan Pelabuhan
    • Penugasan dalam Cadet Record Book
    • Pengecekan dan pengujian CRB
  • Semester 7-8 (12Bulan / 1 Tahun)
    • Diluar Dormitory
    • Praktek dan Teori
    • Ujian dan DPKP
    • Pembinaan Sifat dan Tingkah Laku
    • Pengujian Akhir program D-IV (praktek dan teori)
      • Persiapan Skripsi
      • Pengujian Skripsi daalm Yudisium

Waktu Studi

4 tahun atau 8 semester dan pada tahun ketiga dilaksanakan Praktek yaitu PROLA (proyek Laut) dan PRODA (Proyek Darat) selama 1 Tahun.

Penentuan Kelulusan

  • IP Tiap Semester
  • Nilai TOEFL
  • Kondite dan Kedisiplinan Taruna/I

Instansi/Departemen yang Menaungi

BADAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN PERHUBUNGAN

Jurusan/Spesialisasi dan Program Pendidikan

Reguler Course

  • Nautica
    • Diploma IV Certificate
    • 3 rd Class Certificate
    • 2 nd Class Certificate
  • Marine Engineering
    • Diploma IV Certificate
    • 3 rd Class Certificate
    • 2 nd Class Certificate
  • Port and Shipping Management
    • Diploma IV Certificate

Short Course

  • Basic Safety Training
  • Advance Fire Fighting
  • Survival Craft and Resque Baot
  • Medical Fisrt Aid
  • Medical Care
  • Tanker Familiarization
  • Oil Tanker Training
  • Leqiufied Gas Tanker
  • RADAR & ARPA
  • GMDSS

Fasilitas

  • Recraetion Hall
  • Class with AC and CCTV
  • Auditorium
  • Dormitory
  • Religion Place
  • Sport Hall
  • Tenis Hall
  • Swimming Pool
  • Foodball Field]
  • Libary
  • Dinning Room
  • Lab. Bangunan Kapal
  • Lab. Menjangka Peta
  • Lab. Bridge Simulator
  • Lab. Radar Alpa
  • Lab. English Language
  • Lab.Computer
  • Lab. Engine simulator
  • Lab. GMDSS
  • Lab. Bengkel
  • Lab. Mesin Bubut.
  • Lab. Fisika
  • Lab. Bahasa
  • Lab. CBT Simulator
  • Lab. Navigation Aid
  • Ship Analyic

Penerimaan Mahasiswa Baru

Syarat-syarat Pedaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru

  • Persyaratan.
    • STTB
    • NEM/STK
    • Keterangan bulum menukah (dari kelurahan setempat)
    • Surat keterangan dokter
    • SKKB (dari kepolisian)
    • Pas foto hitam putih b ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar
    • Bukti pambayaran dari Bank
    • Akte kelahiran (umur maksimal 23 tahun/pada bulan September 2005
  • Persipan Administrasi calon taruna sitp
    • Fotcopy NEM dilegalisir dengan nilai NEM minimal 3,00 untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Fisika dan Matematika
    • Usia Maksimum 23 tahun pada bulan september 2005
    • Jenis kelamin : pria / wanita
    • Belum menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama masa pendididkan dibuktikan dengan surat pernyataan
    • Surat keterangan Dokter yang menyataka sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba
    • Tinggi badan minimal pria163 cm dan wanita 155 cm
    • Membawa pas foto ukuran 4×6 sebanyak 4 (empat lembar) lembar hitam putih
    • Membawa bukti pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp. 50.000,- yang disetorkan kerekening badan perhubungan no. rek 070.0099.1140.2001 BNI 46 cabang hamoni jakarta atatu bukt pos wesel yng ditujukan ke badan diklat perhubungan Jl.Merdeka Timur Jakarta 10110.
  • Jenis dan Tahap seleksi
    • Seleksi administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi
    • Seleksi akademik maliputi: matematika, bahasa ingris dan fisika
    • Seleksi kesehatan oleh dokter / rumah sakit umum yang direkomendasikan oleh Dep. Kes / Poliklinik UPT diklat berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan
    • Seleksi wawancara
    • UPT akan melaksanakan tes kesehatan ulang
    • Bagi mereka yang diterima diwajibkan mengikuti psikoes di masing-masing UPT
    • Kululusan ditentukan sesuai pentahapanseleksi
    • Prosedur Pendaftaran
    • Waktu

Rute Jalan

  • Dari Jakarta Terminal Senen naik MM 24/PPd 60 jurusan TG Priok-Sambung Metromini 23 jurusan Cilincing=>sambung KWK 05 turun STIP Marunda.
  • Dari Pulo Gadung Naik jurunsan Bekasi turun jalan baru Cakung naik KWK 01 jurusan Tg. Priok=>Sambung MM 23 turun Cilincing=> sambung KWK 05 turun STIP Marunda.
  • Dari Bekasi Naik dari Terminal Bekasi turun Paku=>sambung K 5 A turun di Ps. Bujong=>sambung K 51 sampai pangkalan KWK 05=>naik KWK 05 turun STIP marunda.

Informasi Contact

Jl. Mareunda Makmur, Cilincing, Jakarta Utara 14150
Telp. (021) 44834345, (021) 8891618 (hunting) Fax. (021) 44834345
Homepage : http://www.stipjakarta.ac.id E-mail:stip@cbn.net.id

STP

STP (Sekolah Tinggi Perikanan)

Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta merupakan perguruan tinggi dalam bidang perikanan dan berada di bawah pembinaan Departemen Kelautan dan Perikanan. STP merupakan pengembangan dari Akademi Usaha Perikanan (AUP) yang didirikan di Jakarta pada tanggal 7 September 1962. kampus Utama berada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, sekitar 30 km selatan garis pantai Teluk Jakarta.

Pada mulanya STP hanya menawarkan satu program studi. Hingga tahun 1975, STP Jakarta menyelenggarakan tiga program studi. Pembukaan program baru dirancang dalam rangka mendukung program pembangunan pemerintah. Saat ini, STP menyelenggarakan lima program studi.

Sejak tahun 1984, Departemen Pendidikan Nasional mengarahkan STP Jakarta untuk menyelenggarakan Program Diploma III, dan mulai tahun 1986 juga menyelenggarakan Program Diploma IV.

Seiring dengan pembukaan program baru, STP Jakarta telah mengembangkan fasilitas laboratorium lapangan di daerah pesisir di sekitar Banten, Jawa Barat, yaitu Stasiun Pelatihan Pantai Serang. Dalam hal ini, keberadaan lembaga ini harus dianggap sebagai titik tolak STP untuk berkembang lebih besar dan lebih kuat. Stasiun Pelatihan Pantai Serang merupakan fasilitas pelatihan lapangan yang dirancang untuk menghasilkan dan menyiapkan lulusan yang siap memasuki pasar tenaga kerja.

Sistem Pendidikan

  • Sistem Kredit Semester
  • Disiplin fisik dan mental ditepkan dalam Sistem Semi Militer
  • Diploma IV diselesaikan dalam waktu empat tahun
  • Kegiatan perkuliahan diselenggarakan dalam tiga metode:
    • praktek laboratorium
    • praktek lapangan
    • praktek kerja lapangan
  • Penulisan skripsi sebagai tugas akhirdiwajibkan
  • Evaluasi:
    • test tengah semester
    • test akhir semester
    • test akhir/komprehensif

Instansi

Departemen Kelautan dan Sumber Daya Perikanan

Jurusan dan Program Pendidikan

  • Teknologi Penangkapan Ikan

Program studi ini menawarkan pengetahuan dan keahlian tentang Ilmu Penangkapan Ikan dan Sistem Navigasi Kelautan. Lulusan program studi ini memiliki kemampuan, keterampilan dan sertifikat untuk menyelenggarakan berbagai macam bidang perikanan. Program studi ini dikhususkan bagi laki-laki dan tidak berkacamata.

  • Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan

Program studi ini menawarkan pengetahuan dan keahlian tentang penanganan dan pengawetan ikan, pengolahan ikan, sistem pendingin, dan pengendalian mutu. Lulusan program studi ini memiliki kemampuan, keterampilan dan sertifikat untuk menyelenggarakan unit pengolahan ikan atau bertindak sebagai petugas pengendali mutu.

  • Permesinan Perikanan

Program studi ini menawarkan pengetahuan dan keterampilan mengenai pengelolaan Ruang Mesin dan pengoperasian dan pemeliharaan Mesin Kapal termasuk Mesin Utama, Mesin Cadangan, Mesin Penagkap Ikan, Pembangkit Listrik, ruang pendingin, dan kelistrikan. Lulusan dari program studi ini memiliki kemampuan, ketermapilan dan sertifikat untuk mengelola Ruang Mesin dan menjadi Teknisi di atas kapal berkekuatan hingga 3000 DK.

  • Teknologi Akuakultur

Program studi ini menawarkan pengetahuan dan keahlian mengenai sistem budidaya perairan, sistem pembenihan, dan sistem budidaya laut. Lulusan program studi ini memiliki kemampuan daam keterampilan untuk mengelola kolam budidaya perairan, unit perbenihan atau budidaya laut.

  • Teknologi Sumberdaya Perairan

Program studi ini menawarkan pengetahuan dan keahlian dalam pemanfaatan stok ikan sebagai sumberdaya perairan, stock assessment, dan populasi dinamis atau penanganan polusi perairan. Lulusan program studi ini memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menganalisis pengaruh dari penangkapan ikan, menganalisis pengaruh dari kegiatan penangkapan ikan terhadap populasi dan kepunahan ikan, dan pencemaran air.

Fasilitas

  • Tidak dipungut biaya kuliah/SPP
  • Harus bersedia tinggal di asrama atau barak
  • Fasilitas olahraga lengkap
  • Makan sesuai dengan anggaran pemerintah
  • Setelah lulus tersedia lapangan pekerjaan, baik di dalam maupun di luar neger

Penerimaan Mahasiswa Baru* )

Departemen Kelautan dan Perikanan memberikan kesempatan kepada putra-putri Indonesia untuk dididik sebagai kader-kader pembangunan perikanan dan kelautan di Sekolah Tinggi Perikanan (STP) dalam Program Studi : Teknologi Penangkapan Ikan (TPI)*), Permesinan Perikanan (MP)*), Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH), Teknologi Akuakultur (TAK), dan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS), dengan ketemtuan sebagai berikut :

Syarat Pendaftaran

Calon dari Umum :

  • Berijazah SMU/MAN IPA/IPS, SMK (Bidang/Program Studi Perikanan, Maritim*), Mesin Otomotif*), Industri*), Listrik*)).
  • Umur pada 31 Agustus tahun pendaftaran tidak lebih 22 tahun.
  • Belum pernah menikah.
  • Berbadan sehat, tidak buta warna dan khusus Program Studi TPI dan MP tidak berkaca mata.
  • Berkelakuan baik.
  • Tinggi/berat badan minimum : Putra 163 cm/53 kg, Putri 153 cm/43 kg.
  • Lulus ujian seleksi penerimaan.

Calon dari PNS :

  • Berijazah SMU/MAN IPA/IPS, SMK (Bidang/Program Studi Perikanan, Maritim*), Mesin Otomotif*), Industri*), Listrik*)).
  • Umur pada 31 Agustus tahun pendaftaran tidak lebih 27 tahun.
  • Berbadan sehat, tidak buta warna dan khusus Program Studi TPI dan MP tidak berkaca mata.
  • Tinggi/berat badan minimum : Putra 163 cm/53 kg, Putri 153 cm/43 kg.
  • Masa kerja sebagai PNS minimum 2 tahun.
  • Mendapat ijin dari Pimpinan Instansi/Unit Kerja dan memiliki DP3 dengan nilai rata-rata baik.
  • Tidak hamil (bagi putri) selama mengikuti pendidikan.
  • Lulus ujian seleksi penerimaan.

Tahapan Seleksi

  • Tahap II : Tes tertulis program matrikulasi.

Ketentuan Menjadi Mahasiswa

Dibebastugaskan dari pekerjaan kantor selama menjadi mahasiswa.

Prosedur Pendaftaran

  • Untuk Umum :

Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan :

    • Foto copy ijasah/STTB/Surat Tanda Lulus yang disahkan
    • oleh Kepala Sekolah.
    • Dua lembar pas foto terbaru ukuran 4 x 6 cm.
    • Foto copy Surat Keterangan Kelakuan Baik dari
    • Kepolisian (dengan menunjukkan aslinya).
    • Foto copy Surat Keterangan Belum Menikah dari Kepala
    • Desa/Lurah (dengan menunjukkan aslinya).
  • Untuk PNS :

Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan :

    • Foto copy ijasah/STTB/Surat Tanda Lulus yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
    • Dua lembar pas foto terbaru ukuran 4 x 6 am.
    • Foto copy Surat Keterangan Kelakuan Baik dari
    • Kepolisian (dengan menunjukkan aslinya).
    • Surat ijin belajar dari pimpinan instansi/unit kerja
    • Foto copy DP3 terakhir.

Biaya

Membayar biaya pendaftaran dan penyelenggaraan seleksi disetor dan atau ditransfer ke Rekening Nomor 127-0004012892 atas nama PAPENTARU-STP, pada Bank MANDIRI Cabang Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan bukti setor atau transfer dilampirkan pada saat pendaftaran.

Tempat dan Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dapat dilakukan di :

PUSAT :

  • Jakarta : Kampus STP, Jl. AUP, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Waktu Pendaftaran : Tanggal juni s/d Juli tahun pendaftaran

RAYON :

  • Bengkalis : Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis, Jl. Lembaga No. 4, Bengkalis
  • Kendari : Dinas Kelautan dan Perikanan, Provinsi Sulawesi Tenggara, Jl. Balai Kota No. 4, Kendari
  • Jayapura : Dinas Perikanan dan Kelautan, Provinsi Papua, Jl. Sulawesi No. 6-8 Dok VII, Jayapura
  • Merauke : Dinas Perikanan Kabupaten Merauke, Jl. Perikanan Kelapa 5, Merauke
  • Mataram : Dinas Perikanan dan Kelautan , Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jl. Udayana No. 3 , Mataram
  • Jambi : Dinas Kelautan dan Perikanan, Provinsi Jambi, Jl. M.T. Haryono No. 9, Jambi 36134
  • Palembang : Dinas Kelautan dan Perikanan , Provinsi Sumatera Selatan, Jl. Kapten A. Rivai, 669/II, Palembang
  • Palu : Dinas Perikanan dan Kelautan, Provinsi Sulawesi Tengah, Jl. Undate No. 07, Palu 94111
  • Nunukan : Sekretariat Daerah Pemerintahan Kabupaten Nunukan, Jl. Pangeran Antasari No. 88, Nunukan 77182
  • Bengkulu Utara : Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bengkulu Utara, Jl. Jend. Sudirman No. 52, Bengkulu Utara
  • Pangkal Pinang : Dinas Perikanan dan Kelautan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jl. Air Selan Babek I No. 232 Pangkal Pinang
  • Gorontalo : Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Gorontalo, Jl. Ki Hajar Dewantoro No. 50, Gorontalo
  • Banjarbaru : Dinas Kelautan dan Perikanan, Provinsi Kalimantan Selatan, Jl. Jend. Sudirman No. 9, Banjarbaru
  • Ambon : Dinas Perikanan dan Kelautan, Provinsi Maluku, Jl. Nn. Saar Sopacua No. 16, Ambon
  • Nanggroe Aceh Darussalam : Dinas Kelautan dan Perikanan, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Jl. Tgk. Malem No. 7, Banda Aceh

Waktu pendaftaran : Mei s/d Juni tahun pendaftaran

Waktu dan Tempat Ujian Seleksi :

Ujian Seleksi di Rayon dilaksanakan pada bulan Juni tahun pendaftaran di masing-masing tempat pendaftaran. Ujian Seleksi di Pusat/Jakarta dilaksanakan pada bulan Juli tahun pendaftaran di Kampus STP Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Keterangan Lain-lain :

Selama ujian seleksi tidak disediakan pemondokan.

Semua persyaratan yang telah masuk menjadi milik panitia.

Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.

Selama masa pendidikan bersedia :

  • Tinggal di asrama tanpa dipungut biaya,
  • Mematuhi peraturanSTP, dan
  • idak menikah atau hamil *) Khusus Putra

Rute angkutan umum dari kota besar

Dari teminal manapun di Jakarta naik Angkot ke terminal Pasar Minggu.lalu naik angkot S.05 ke STP.(naik ojek langsung diantarkan)

Informasi Contact

Jl. AUP, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520
Telp. (021) 7813915

STPI

STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) adalah perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Departemen Perhubungan yang mempunyai tugas pokok pelaksanaan/menyelenggarakan program pendidikan profesional di bidang penerbangan.

Berawal dari Akademi Penerbangan Indonesia (API) yang didirikan pada tanggal 1 Juni 1952 di Gempol, Kemayoran, Jakarta. Seiring dengan perkembangan teknologi penerbangan dan kebutuhan industri penerbangan, API beberapa kali mengalami perubahan baik nama maupun statusnya, antara lain:

Tahun 1954

:

API pindah ke Curug – Tangerang

Tahun 1969

:

API berubah nama menjadi Lembaga Pendidikan Perhubungan Udara (LPPU) dibawah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Tahun 1978

:

LPPU berubah menjadi Pendidikan dan Latihan Penerbangan (PLP) dibawah Badan Pendidikan dan Latihan Perhubungan.

Tahun 2000

:

Tepatnya tanggal 10 Maret 2000, PLP berubah menjadi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia disingkat STPI.

Lokasi Kampus STPI terletak di dalam komplek Bandar Udara Budiarto, kecamatan Legok, Kawedanan Curug, Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten.

Tenaga Pengajar/ Dosen/Instruktur

Yang ahli di bidang pesawat udara, professional dan kompeten. mencetak Penerbang, tenaga teknik penerbangan, terutama tanaga teknik pesawat udara dengan AMTO dikeluarkan Dirjen Hub Ud, serta tenaga-tenaga ahli bidang keselamatan penerbangan lainnya.

Kerjasama Dalam dan Luar Negeri Diantaranya:

TNI-AD, TNI-AL, TNI-AU, Kepolisian RI, PT. Angkasa Pura I dan II, S.G.C Saga Aviation CO.LTD Jepang , Avmark inc, SCSI (Southern California Safety Institute), AMS (Aviation Management System), SAS Flight Akademi, Netherland Aviation Academy.

Prospek Lulusan

Lulusan dari diklat penerbangan Curug (STPI) tersebar di instansi pemerintah, BUMN, perusahaan penerbangan dalam dan luar negeri, maupun perusahaan non penerbangan di Indonesia.

INSTANSI

Departemen Perhubungan

PROGRAM PENDIDIKAN

Jurusan yang diselenggarakan di STPI terdiri atas dua kelompok utama, yaitu Pendidikan dan Latihan Awal (Diklat Awal dengan jenjang Diploma) dan Pendidikan dan Latihan Khusus (Keahlian dengan Sertifikat).

Diklat awal (Diploma) dilaksanakan berdasarkan satuan kredit semester mulai satu tahun sampai dengan empat tahun, sedangkan diklat khusus (Non Diploma) mulai dari beberapa hari sampai beberapa minggu atau bulan, antara lain :

Diklat Awal

No.

JURUSAN/PROGRAM STUDI

JENJANG

PERSYARATAN

1.

Penerbang

a. Penerbang Sayap Tetap

D II, D III, D IV

SMU A1,A2/IPA/MAI

A2, A3, STM Listrik/Mesin/

Elektronika, SMT Penerbangan

b. Penerbang Sayap Putar

D II, D III

s.d.a

c. Operasi Pesawat Udara

D III

SLTA atau yang sederajat

2.

Teknik Penerbangan

a. Teknik Pesawat Udara

D II, D III, D IV

SMU A1,A2/IPA/MAI

A2, A3, STM Listrik/Mesin/

Elektronika, SMT Penerbangan

b. Teknik Telekomunikasi & Navigasi

D I, D II, D III, D IV

s.d.a

Udara

c. Teknik Listrik Bandar Udara

D I, D II, D III, D IV

SMU A1,A2/IPA/MAI

A2, A3, STM Listrik/Mesin

SMT Penerbangan

d. Teknik Mekanikal Bandar Udara

D II, D III

s.d.a

e. Teknik Bangunan dan Landasan

D II, D III

s.d.a dan SMK Bangunan

3.

Keselamatan Penerbangan

a. Pemandu Lalu Lintas Udara

D II, D III, D IV

SMU A1,A2/IPA/MAI

A2, A3

b. Penerangan Aeronautika

D II, D III

SLTA atau yang sederajat

c. Komunikasi Penerbangan

D II

s.d.a

d. Pertolongan Kecelakaan Penerbangan

D II, D III

s.d.a

4.

Manajemen Penerbangan

a. Administrasi Perhubungan Udara

D III

SLTA atau yang sederajat

b. Operasi Bandar Udara

D III

s.d.a

c. Angkutan Udara Niaga

D III

s.d.a

Program Diklat Non Diploma

1.

APPU (Ahli Perawatan Pesawat Udara)

8.

Penerbangan

2.

KDT (Kursus Dasar Teknik)

9.

PANS-OP

3.

BATK (Basic Aviation Technical Knowledge)

10.

D-VOR/ILS

4.

FOO ( Flight Operation Officer)

11.

Digital

5.

Advanced Fire Fighting

12.

Sheet Metal

6.

Aerodrome Radar Tehnique

13.

Aviation Security

7.

Administrasi dan Kesekretariatan

14.

dan lain-lain.

Diklat Khusus

Penerbang

  • Commercial Pilot License 12 – 18 bulan
  • Airline Transport Pilot License (ATPL) Ground 3 bulan
  • Matrikulasi (untuk penerbang lulusan L/N) 1 – 3 bulan
  • Flight Instructor 3 bulan
  • Flight Operation Officer 3 bulan

Teknik Penerbangan

  • Ahli Perawatan Pesawat Udara 2 – 3 bulan
  • Airframe & Power plant 2 – 3 bulan
  • Basic Aircraft Mechanics 3 bulan
  • Basic Aviation Technical Knowledge 3 bulan
  • Sheet Metal 3 bulan
  • Digital Technique 3 bulan
  • Radar Technique 3 bulan
  • DVOR/ILS 3 bulan
  • Programmable Logic Control 1 bulan
  • Microcontroller 1 bulan
  • Air Conditioning System 1 bulan
  • Diesel & Petrol Engine 1 bulan
  • Instalasi Listrik 2 minggu

Keselamatan Lalu Lintas Udara

  • ATC Radar 3 bulan
  • ATC Automation 3 bulan
  • PANS – OPS 3 bulan
  • Company Aviation Information Service 4 minggu
  • Briefing Practice 3 bulan
  • Basic Fire Fighting 3 bulan
  • Advance Fire Fighting 3 bulan
  • Type Rating (driving) 3 minggu

Manajemen Penerbangan

  • Administrasi dan Kesekretariatan 5 minggu
  • Komputer 1 bulan

Lain-lain

  • Jungle and Sea Survival 1 minggu

FASILITAS PENDIDIKAN

  • Gedung Perkantoran Utama,
  • Laboratorium : Bahasa, Komputer dan Radio Telephone
  • Asrama (kapasitas 1117 taruna)
  • Perpustakaan, Rumah Sakit,
  • Pesawat bermesin tunggal (49 buah)
  • Fasilitas Olah raga
  • Masjid,

Fasilitas Pelatihan:

Pesawat Latih single engine 36 buah, terdiri Sundowner C-23; 11 buah, Piper PA -28-236 Dakota; 8 buah, Socata TB-10; 17 buah, Pesawat latih multi engine Beechcraft Baron B-58; 3 buah, Helicopter Bell 206; 1 buah, FTD Simulator; 6 buah, ATC Simulator & Laboratorium; 3 buah, Asrama, Poliklinik, Fasilitas Olah Raga, Perpustakaan, Bandar Udara, dll.

Fasilitas Perkuliahan

  • Dosen & Instruktur yang berpengalaman
  • Bimbingan oleh dosen
  • Peralatan multimedia lengkap
  • Laboratorium
  • Sistem SKS paket

Fasilitas Pendukung

  • Ruang Kuliah full AC
  • Asrama yang bersih dan full AC
  • Perpustakaan
  • Ruang makan
  • Sarana olah raga
  • Sarana Ibadah
  • Auditorium

Fasilitas Umum :

No.

FASILITAS

KAPASITAS

1.

Asrama :

- Curug 1

880 orang

- Curug 2

192 orang

- Radar

12 orang

- BATK

10 orang

- Wisma/Mess

48 kamar

2.

Olah Raga :

- Bola Volley

2 lapangan

- Bola Basket

1 lapangan

- Sepak Bola

1 lapangan

- Tenis Lapangan

2 lapangan

- Kolam Renang

1 kolam (Ukuran Olympic)

3.

Ibadah :

- Masjid

500 orang

- Gereja

50 orang

4.

Laboratorium Bahasa

40 orang

5.

Perpustakaan

40 orang

6.

Ruang makan

600 orang

7.

Rumah Sakit

40 orang

8.

Hanggar Pesawat (I s/d IV)

60 Pesawat

9.

Bus

8 buah

10.

Gedung Serba Guna

1000 orang

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Dengan ini disampaikan, bahwa cukup banyak permintaan tentang informasi pendaftaran Calon Taruna dan beberapa pertanyaan dari berbagai SMU/SMK dan Yayasan Sekolah maupun Perorangan terkait dengan kegiatan proses pembelajaran di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. Menjawab hal tersebut di atas agar kiranya bersabar untuk mendapatkan informasi balik, hal tersebut tidak dan bukan kani sengaja, selanjutnya akan kami usahakan untuk memenuhi permintaan secara bertahap.

Format Jawaban :

A. Syarat masuk calon Taruna Diklat Awal

  • 1. Berumur tidak lebih dari 23 tahun
  • 2. Tinggi badan minimum Non penerbang : pria 163 cm Wanita 155 cm dan jurusan Penerbang : Pria 165 cm, Wanita 160 cm.
  • 3. Sehat jasmani/rohani dan tidak buta warna
  • 4. Bukti pembayaran uang pendaftaran
  • 5. Membawa foto copy STTB 1 lembar
  • 6. Foto copy Daftar NEM/STK 1 lembar
  • 7. Foto copy Akte Kelahiran 1 lembar
  • 8. Foto copy surat keterangan belum menikah dari Kelurahan 1 lembar
  • 9. Pas foto hitam putih ukuran 4 x 6 cm banyak 2 lembar

B. Program Studi yang dibuka

  • 1. Penerbang Diploma II
  • 2. Operasi Bandar Udara Diploma III
  • 3. Penilik Penerangan Aeronautika Diploma III

C. PERSYARATAN ADMINISTRASI :

  • 1. Usia maksimum 23 tahun pada bulan September tahun pendaftaran khusus untuk DTPN I maksimum 26 tahun.
  • 2. Jenis Kelamin : Pria / Wanita.
  • 3. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan dibuktikan dengan Surat Pernyataan.
  • 4. Tinggi badan minimal Pria 163 Cm dan Wanita 155 Cm Kecuali untuk PIP Makassar tinggi badan minimal Pria 160 Cm dan Wanita 150 Cm dan Jurusan Penerbang Pria 165 Cm dan Wanita 160 Cm.
  • 5. Membawa Pas Photo terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar hitam putih dan foto copy STTB, STK/NEM, Akte Kelahiran, Surat keterangan belum menikah dari kelurahan.
  • 6. Bagi lulusan sebelum tahun 2003, NEM untuk Matematika dan Bhs Inggris masing-masing minimal 3,0 (tiga koma nol).
  • 7. Bagi yang masih duduk dikelas III, dengan membawa Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
  • 8. Membawa bukti pembayaran uang pendaftaran yang telah disetorkan ke rekening Badan Diklat Perhubungan No. 070009911402001 BNI-1946/Cabang Harmoni Jakarta atau bukti/resi Pos Wesel yang ditujukan ke Badan Diklat Perhubungan Jalan Merdeka Timur No. 5 Jakarta 10110

D. TATA CARA PENDAFTARAN :

  • 1. Peserta datang langsung ke lokasi Pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan
  • 2. Lokasi Pendaftaran dan tempat tes sebagai berikut :

a. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Diklat Perhubungan :

  • 1) STTD Bekasi - Jln. Raya setu, Cibitung, Bekasi, PO BOX 153 Tlp. 021.8254640
  • 2) STIP Jakarta - Jln. Marunda Raya Jakarta Utara. Tlp. 021.44834345
  • 3) PIP Semarang - Jln. Singosari No. 2.A Semarang 50242. Tlp. 024.8311527-28
  • 4) PIP Makasar - Jln Tentara Pelajar No. 173 Makasar 90172. Tlp. 0411.314744, 316975
  • 5) STPI Curug - Komplek STPI Curug, PO BOX 509 Tangerang 15001.T1p. 021.5982204
  • 6) AMG Jakarta - Jln. Perhubungan No. I Pd. Betung Bintaro Jak-Sel. Tlp. 021.73691623.
  • 7) ATKP Medan - Jln. Penerbangan Selayang, Padang Bulan KM. 8,5 Medan. T1p.0361.8360675
  • 8)BPL Penerbangan Palembang - Jln. Adi Sucipto, Talang Betutu, Palembang 30155. Tlp. 0711.410930
  • 9) ATKP Surabaya - Jln. Jemur Handayani I/73 Wonocolo Surabaya Tlp. 031.8410871
  • 10) BPL Penerbangan Jayapura - Jin. Kayu batu No. 6 Jayapura 99117 PO BOX 1324. Tlp. 0967.541049
  • 11) BPP Transportasi Darat Bali - Jln. Batu Yang No. 109 X Batu Bulan Gianyar Bali Tlp./Fax 0361.295340.

b. Dinas Perhubungan :

  • 12) Dinas Perhubungan Prop. Sumatera Barat Jln. Raden Saleh No. 12 Padang. Tlp. 0751.40331, 40340
  • 13) Dinas Perhubungan Prop. Nusa Tenggara Timur Jln. Palapa No. 17 Kupang. Tlp. 0380.833691, 831321
  • 14) Dinas Perhubungan Prop. Kalimantan Barat Jln. Adi Sucipto Km 9,2 Pontianak. Tlp. 0561.722913, 721466
  • 15) Dinas Perhubungan Prop. Kalimantan Selatan Jln. RE Martadinata No.6 Banjarmasin Tlp. 0511.53488
  • 16) Dinas Perhubungan Prop. Riau Jln. Sudirman No. 474 Riau Tlp. 0761.33992.

E. JENIS DAN TAHAP SELEKSI :

  • 1. Seleksi Administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi.
  • 2. Seleksi Akademik meliputi Matematika, Bahasa Inggris serta Tes Potensi.
  • 3. Seleksi Kesehatan oleh Dokter/Rumah Sakit Umum yang direkomendasikan oleh Dep.Kes/Poliklinik UPT Diklat berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.
  • 4. Seleksi wawancara.
  • 5. UPT akan melaksanakan tes kesehatan ulang.
  • 6. UPT dapat melaksanakan Psikotes bagi mereka yang diterima.
  • 7. Khusus Jurusan Penerbang diadakan tes kesehatan Penerbang dan tes bakat terbang dengan jadwal tersendiri.
  • 8. Kelulusan ditentukan sesuai pentahapan seleksi.

Untuk informasi lebih lanjut harap menghubungi : Penerimaan Taruna STPI Telpon (021) 598 2204 / 05 Ext. 527

RUTE ANGKUTAN UMUM DARI KOTA BESAR

  • Dari Bitung Naik angkutan kota [Elf warna hijau], turun di depan Kampus STPI atau Bandar Udara Budiarto
  • Dari Jakarta Terminal Senen naik jurusan Cimone/Tangerang, turun di Cikokol, Setelah itu naik bus ¾ [Bulan Jaya], turun di Bitung, Dari Bitung, naik angkutan kota [Elf warna hijau], turun di depan Kampus STPI atau Bandar Udara Budiarto.

INFORMASI CONTACT

PO . BOX 509 Tangreang, Banten 15001, Telp:(021) 5982204, Fax: (021) 5982234
Website: www.stpicurug.ac.id, Email : stpi@stpicurug.ac.id